HEALTH & BEAUTY
RAHASIA RAMBUT INDAH DI BALIK HIJAB
WELLNESS
22.12.2014

Rambut tebal, berkilau, serta indah tentulah menjadi suatu kebanggaan bagi setiap wanita. Namun kenyataannya masalah rambut seperti rambut rontok, rambut patah, dan rambut berketombe selalu terdengar tidak asing. Hal tersebut bahkan lebih rentan terjadi kepada kamu yang menggunakan hijab, sebab secara tidak langsung penggunaan hijab menutup pernafasan rambut yang kurang baik sehingga dapat memperburuk kesehatan rambut anda. Kita pun harus memahami betul bahwa rambut indah adalah rambut yang sehat, dan rambut yang sehat pun berawal dari kulit kepala yang sehat yang tentunya diperlukan pengetahuan khusus untuk merawatnya. Berikut beberapa rahasia untuk menjaga keindahan rambut para hijaber.

Bahan Hijab
Ternyata bahan hijablah yang paling menentukan lega tidaknya kulit kepala bernafas. Jika kamu menggunakan hijab kain, maka pilihlah kain katun atau chiffon. Mengapa demikian? Kain katun merupakan kain terbaik untuk menyerap keringat, sehingga kulit kepala tidak lepek dan pengap ketika kamu banyak beraktivitas. Sedangkan kain chiffon, merupakan kain yang begitu ringan sehingga kulit kepala dapat bernafas sebaik mungkin. Sebagai rekomendasi, apabila kegiatan kamu hanya indoor maka kain chiffon adalah pilihan terbaik untuk digunakan. Namun sebaliknya apabila kegiatan kamu outdoor, makin gunakanlah kain katun yang tidak terlalu tebal.

Ukuran Hijab
Walaupun tren fashion dalam dunia hijab sedang berkembang, namun perlu diperhatikan apakah mengikuti tren tersebut aman bagi rambutmu? Beberapa tren yang mengenakan hijab berukuran ketat merupakan contoh dari tren yang kurang sehat yang sebenarnya justru menyiksa kulit kepalamu sendiri. Contoh lainnya pun ada pada penggunaan hijab yang berlapis-lapis sehingga kulit kepala benar-benar tidak dapat bernafas karenanya. Maka dari itu hindarilah tren-tren yang membuat kepala anda sendiri tidak nyaman, karena hal kecil tersebut dapat memicu pada hal-hal yang fatal seperti kebotakan.

Warna Hijab
Sebisa mungkin pilihlah warna-warna lembut. Terutama jika kamu beraktivitas di tempat yang terkena matahari, pilihlah warna putih agar tidak menyerap panas sehingga kulit kepala tetap lembab dan terjaga. Hindari penggunaan warna hitam ketika kamu beraktivitas di luar.

Keramas Setiap Hari
Bagi kamu yang menggunakan hijab cenderung memiliki rambut yang lebih lembab sehingga memicu rambut yang berminyak. Rambut yang berminyak ini sangat tidak baik jika ditutupi oleh hijab, karena minyak alami rambut itu sendiri membuat kulit kepala susah bernafas. Karena itu sebaiknya kamu para hijaber disarankan untuk membersihkan rambut setiap hari.

Mengikat Rambut
Perlu diketahui, umumnya mengikat rambut terlalu kencang dapat menyebabkan rambut rontok dan patah. Oleh karena itu ikatlah rambut dengan kunciran yang lembut dan tidak terlalu kencang.

Rambut tidak Basah
Pastikan kondisi rambut ketika menggunakan hijab adalah kering, tidak basah. Jangan gunakan hijab usai kamu keramas dan rambut masih basah. Hal ini adalah fatal akibatnya terhadap rambut. Biarkanlah rambut kering secara alami terlebih dahulu sebelum menggunakan hijab.

Shampoo yang Tepat
Carilah produk shampoo yang menggunakan bahan-bahan alami serta khusus untuk mengatasi masalah-masalah para hijaber seperti rambut rontok, rambut patah, serta rambut berketombe. Seperti produk yang memanfaatkan bahan-bahan alami dan telah teruji secara klinis dapat menguatkan akar rambut, merawat kehitaman alami rambut, serta mengurangi rasa gatal dan ketombe.

Dengan tips-tips tersebut, rambut indah dalam hijab bukanlah hanya sekedar impian. Semoga bermanfaat bagi kamu para wanita berhijab!

Main image from Laxmiwidya


© Lisa Olivari

SHARE
YOUR REACTION
0 0 0
0 comment(s)
LATEST ARTICLES FROM WELLNESS

VIEW DESKTOP VERSION OF LOOKS.CO.ID