HEALTH & BEAUTY
HOW TO BE A SUCCESSFUL VEGETARIAN FOR STUDENT
FITNESS
22.12.2014

Gaya hidup sehat yang mulai menjamur di kalangan masyarakat Indonesia muncul dari berbagai macam alasan. Masyarakat pun mulai mempraktikkan berbagai pola hidup sehat yang dianggapnya paling cocok. Salah satunya dengan menjadi vegetarian dimana masyarakat tidak mengkonsumsi produk-produk hewani namun nabati. Menjadi seorang vegetarian memang memiliki banyak sekali keuntungan seperti bobot tubuh lebih terjaga, menjauhi tubuh dari lemak jahat, dan menurunkan risiko kanker. Alasan itulah yang kemudian dipakai banyak orang termasuk mahasiswa berbondong-bondong menjadi vegetarian. Berikut beberapa tips untuk mahasiwa yang ingin segera memulai pola hidup vegetarian meski dengan kantong pas-pasan.

  1. Atur jadwal makan (satu minggu sekali)
    Banyak mahasiswa gagal memiliki pola hidup sehat karena jadwal kuliah yang padat sehingga malas untuk mempersiapkan makanannya sepanjang hari yang berakhir dengan membeli makanan cepat saji diluar dan menghabiskan uang lebih banyak untuk hal yang kurang sehat. Persiapkan jadwal makan kamu setiap harinya selama satu minggu yang penuh dengan sayuran dan buah-buahan.
  2. Makanan sehat tidak perlu sulit
    Tidak perlu membuat makanan yang sulit untuk menjadi sehat, yang terpenting makanan itu terdiri dari sayuran dan buah yang cukup sesuai dengan kebutuhan energi untuk beraktivitas. Perbanyak juga jumlah sayuran karena harganya yang lebih murah dan dapat ditemukan di pasar lokal. Kamu juga cukup membeli produk-produk lokal yang mudah dicari dan harganya murah seperti tahu, tempe, sayuran hijau, buah-buahan tropikal, dan sebagainya.
  3. Bangun lebih awal adalah kunci suksesnya
    Selain jenis sayur-sayuran yang tersedia akan lebih banyak di pasar saat pagi hari, kamu juga dapat mempersiapkan menu makanan untuk sepanjang hari. Cara ini efektif mencegah keinginan jajan diluar, maka dari itu bangun lebih pagi untuk mempersiapkan segalanya sebelum berangkat kuliah. Kamu juga bisa mulai mencari resep praktis dan mengasah kreatifitas dalam memasak ataupun sekadar membuat smoothies yang sehat setiap harinya.
  4. Lupakan masalah brand
    Saat kamu memang perlu membeli makanan di supermarket, maka satu hal yang penting untuk menghemat biaya adalah dengan mengurangi makanan dari brand terkenal karena harganya yang relatif lebih mahal. Makanan dengan brand tertentu biasanya disimpan setinggi pandangan kita (eye level), maka coba mencari makanan sejenis di bagian bawah rak. Ya! Meski harganya lebih murah tapi nutrisi yang dimilikinya sama seperti makanan dari brand terkenal.
  5. Belajar terbuka dan berbagi dengan orang lain
    Ceritakan tentang pola hidup sehat ini pada keluarga, saudara, dan teman-teman. Hal ini penting agar orang sekitar tahu apa penyebab perubahan kamu, jelaskan juga tentang manfaat yang didapat menjadi seorang vegetarian. Disaat bersamaan juga kamu bisa menemukan orang-orang atau bahkan komunitas-komunitas vegetarian yang peduli akan kesehatan. Buatlah perjalanan sebagai vegetarian jadi menyenangkan seperti dengan mengajak teman-teman menonton film favorit di kos-an sambil memakan buah-buahan sebagai camilannya.

© Irene Subrata

SHARE
YOUR REACTION
0 0 0
0 comment(s)
LATEST ARTICLES FROM FITNESS

VIEW DESKTOP VERSION OF LOOKS.CO.ID